Oleh     : Beni, Giovanna, Paulus, Martha (Siswa/i SMAK St. Hendrikus)

Editor     : antoniusmbTM

Ask yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia : “Tanyakan” adalah sebuah mesin pencari yang berdiri seajak tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen di California. Situs ini dapat mencari informasi secara detail, cara kerjanya mirip google. Browser ini memiliki kemampuan untuk menguraikan data lebih banyak serta menampilkan link lain yang masih memiliki hubungan yang relevan. Ask mempunyai kemampuan simantik dan ekstraksi guna mengenali jawaban-jawaban terbaik untuk pertanyaan user.

Cara kerjanya tidak jauh beda dengan google, user tinggal memasukan keyword lalu klik search. Maka user akan menemukan sederetan hasil beserta link yang mengantar user menuju hasil yang masih relevan. Situs ini di lengkapi beberapa tab yang di katagorikan dalam web, images, dsb.

Teknik Pencarian

Sekarang kehidupan kita tidak dapat dipisahkan dari search engine. Sebab dengan luasnya internet dan banyaknya halaman pada website – website yang ada di dunia maya ini mampu membuat kita bingung dan kesulitan dalam memperoleh data – data yang keinginan. Oleh karena itu diciptakanlah search engine. Search Engine ini sendiri adalah sebuah program yang diadalamnya terdapat dituliskan program – program yang sifatnya mampu mencari segala bentuk informasi dari Internet dengan cara memasukkan keyword atau kata kunci yang benar.

Struktur pada Search Engine itu sendiri biasanya terdiri atas 2 bagian :

  1. Bagian pertama ini adalah bagian dari search engine yang digunakan untuk memasukkan kata kunci yang nantinya dijadikan acuan dalam mencari data – data yang terdapat pada internet.
  2. Bagian kedua adalah bagian dari search engine yang digunakan sebagai tombol pencari data yang kita inginkan di Internet.

Pada Search Engine Ask.com ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan semua jenis search engine yang ada selama ini. Sistem kerja dari search engine ini adalah :

  1. Dengan meng-copy atau melakukan penyimpanan terhadap setiap bentuk data – data yang dimiliki olah sebuah website.
  2. Hasil dari kopiannya tersebut lalu dimasukkan / disimpan dalam database yang terdapat pada search engine itu sendiri.
  3. Dari hasil penyimpanan database tersebut maka akan tercipta suatu bentuk kata – kata kunci yang gunanya nanti untuk menghubungkan dengan data-data yang ingin dicari.
  4. Sifat kerjanya adalah dengan mencocokkan kata – kata kunci tersebut dengan data – data yang terdapat pada databasenya tersebut.
  5. Setelah melakukan pencocokan kata – kata kunci dengan data – data yang tersimpan pada databse maka search engine tersebut akan segera menampilkan semua bentuk dari data – data yang kita cari yang sekiranya memiliki nama atau judul dengan kata – kata kunci yang kita masukkan.
  6. Selanjutnya adalah tugas kita untuk memilih data apa yang akan kita buka. Setelah kita memilih maka secara otomatis search engine akan segera menghubungkan kita dengan website yang datanya terdapat dalam database search engine dan yang kita sudah pilih tadi.
  7. Search engine selalu melakukan pembaharuan database dengan secara berkala melakukan “monitor” terhadap website – website yang ada di seluruh dunia maya ( internet )
  8. Hasil dari pembaharuan yang terjadi pada suatu website akan segera dicocokan dengan database search engine dan kemudian dilakukan penyimpanan jika ditemukan bentuk pembaharuan atau perubahan dari waktu yang sebelumnya.
  9. Pada search engine Ask ini sekarang memiliki versi terbaru yang kecepatannya 30% lebih cepat dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Kelebihan dan Kelemahan Ask.com

Kelebihan:

  1. Keunggulannya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan yang diberikan
  2. Lebih canggih dan akan menampilkan lebih banyak informasi pada halaman pertama hasil pencarian ketimbang Google dan Yahoo!
  3. Background dari mesin pencari Ask.com ini bisa diganti-ganti

Kelemahan:

  1. Databasenya kecil
  2. Fitur kurang lengkap
  3. Dari segi tampilan di tinjau biasa saja karena lebih diandalkan dalam pencarian kata
  4. Pencarian kata tidak ada filtering sehingga data yang tidak dicari semua diambil
  5. Tidak adanya pengelompokkan data khususnya dalam pembukaan gambar.

 

Perbandingan Ask.com dengan search engine lainnya

Dalam beberapa waktu terakhir, Google telah mendapat gelar peringkat mesin pencari no. 1 di internet secara konsisten. Hal ini dikarenakan akurasi hasil pencarian yang diberikan oleh google. Selain itu google juga menyediakan layanan lainnya seperti email hingga pemetaan secara gratis.

 

pada awalnya yahoo! Memanfaatkan teknologi google untuk melakukan pencarian dari kumpulan direktori yang dimilikinya. Saat ini yahoo! telah menggunakan teknologi yang dibangun dari pengalaman dan keahliannya sendiri walaupun kemampuannya belum dapat menyaingi google. Selain itu yahoo mempunyai program berbayar untuk memasukkan website dalam sistem pencariannya. Banyak orang meyakini adalanya pengaruh dari pencarian web berbayar tersebut yang memasukkan dalam hasil pencariannya. Yahoo merupakan mesin pencari, direktori subjek dan portal web serta hasil pencarian yang ditawarkan didukung dari mesin pencari yahoo sendiri.

 

Ask.com adalah mesin pencarian yang bersifat crawler-based yaitu suatu bentuk dasar atau basis dari sebuah mesin pencari yang gunanya untuk mencari konten – konten baru yang sebelumnya tidak ditemukan kemudian mendaftarkannya secara otomatis dalam list halamannya. Hal ini diperoleh dengan mencocokkan kata kunci dengan data-data yang tersimpan dalam database. Dengan teknik ini, ask.com dapat memperbaharui informasi yang tersimpan di dalam databasenya.

 

 

Referensi

http://www.infokomputer.com/reguler/ask-com-penjawab-yang-serba-tahu

http://about.ask.com/en/docs/about/webmasters.shtml

http://en.wikipedia.org/wiki/Ask.com

www.infokomputer.com

www.urangbanua.com

www.infosum.net

http://djuyadi.wordpress.com