Oleh     : Yonathan, Jonatan, Matthew, Yusak, Jeffry (Siswa SMAK St. Hendrikus Surabaya)

Editor    : antoniusmbTM

 

Yahoo!

Yahoo adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo Inc. Yahoo pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Pada bulan Maret 1995, Yahoo mengadakan kerja sama bisnis dengan para pemilik lembaga modal Ventura Silicon Valley. Kemudian, mereka pun menjalin kerja sama dengan Sequa Capital, sebuah perusahaan yang mempunyai reputasi dalam bidang investasi termasuk Apple Komputer, Atari, Oracle, dan Cisco Systems.Pendanaan yang kedua pada tahun 1995 dari investor Reuters Ltd. dan Softbank. Yahoo! sangat sukses diluncurkan secara go public pada bulan April 1996 dengan jumlah total karyawan 49 orang. Saat ini, Yahoo Inc. telah menjadi pemimpin komunikasi global lewat internet, komersil, dan perusahaan media yang telah menjadi brand jasa jaringan lebih dari 232 juta individu setiap bulannya di dunia maya. Sebagai navigasi pertama secara online yang memandu dalam web, http://www.yahoo.com adalah pemimpin pemandu konteks lalu lintas, periklanan, keperluan rumah tangga, dan jangkauan pengguna bisnis. Yahoo! adalah brand internet global pertama yang menjangkau pemirsa paling besar dalam dunia maya. Koleksi bookmark tersebut, sekarang dikenal sebagai Yahoo!, menerima sejumlah 80 juta pengunjung setiap bulan (sensus tahun 2000).

 

Sekarang yahoo dapat mengakses berbagai macam fitur hanya dengan satu pencarian sederhana.anda dapat menemukan kotak pencarian dasar di halaman utama yahoo. Kemudian ketikan sesuatu di dalam kotak pencarian tersebuta, lalu klik cari.

 

Pada hasil pencarian yahoo, link tab kategori memungkinkan anda mengubah jenis pencarian yang sedang dilakukan. Dalam penggunaan link tab kategori, kita dapat mengfokuskan pencarian pada gambar, video, berita, dll.

 

Keunggulan dan Kelemahan Yahoo!

Keunggulan

  1. Hasil pencarian melalui YAHOO! lebih menarik secara visual, serta menyertakan elemen foto, video, artikel yang berkaitan, dan juga posting dari jejaring sosial


    Tampilan hasil pencarian YAHOO!

  2. Memiliki banyak fasilitas tambahan seperti Answers untuk jawaban alternatif dari sesama pengguna YAHOO! bila pencarian tidak ditemukan oleh search engine, tersedia Movie Review, Berita seleberiti, dsb.
  3. Layanan tambahan YAHOO! tersedia untuk semua negara, seperti YAHOO! Music
  4. Search Engine YAHOO! menampilkan headline-headline berita dalam halaman awalnya.


Tampilan halaman awal YAHOO! SEARCH

Kelemahan

  1. Tidak memiliki artikel selengkap Search Engine lain. Dengan kata kunci yang sama, YAHOO! menemukan jumlah artikel yang lebih sedikit daripada GOOGLE.


Perbandingan jumlah pencarian menggunakan Google (kiri) dan Yahoo! (kanan)

  1. Terlalu banyak melakukan update, sehingga pengguna tidak dapat membandingkan secara signifikan YAHOO! dan search engine lainnya.
  2. Berita-berita terbaru di YAHOO! juga ada di search engine yang lain, sehingga dapat dikatakan tidak ada hal yang berbeda di dalam berita-berita YAHOO!
  3. Halaman web hanya memuat 500kb

 

Perbandingan Yahoo! Dengan Google

Yahoo!        : Untuk Terindeks Yahoo butuh 2-3 minggu.

Yahoo termasuk jenis Human Organized Search Engine yang berarti mesin pencarian yang dikelolah sepenuhnya oleh tangan manusia. Mesin ini menggunakan metode dengan memilah-milah informasi yang relevan dan mengelompokan sedemikian rupa hingga bermakna dan bermanfaat.

Google        : Lebih Cepat dalam melakukan index dibandingkan Yahoo.

Hanya dalam hitungan harian halaman Web anda akan sudah ter-index. Google termasuk jenis Hybrid Search Engine artinya gabungan dari tangan manusia dengan computer,sehingga hasil pencarian relative akurat.

 

Yahoo     : Masih memperhatikan Meta keyword.

Google     : Tidak memperhatikan Meta keyword.

 

Yahoo     : Tidak terlalu peduli dengan popularitas domain.

Google     : Peduli dengan popularitas suatu domain.

 

Yahoo         : Yahoo tidak terlalu memperhatian Incoming links.

Google     : Memperhatikan Incoming links dengan baik.

 

 

Referensi

http://id.yahoo.com

http://www.forbes.com

http://www.marketingteacher.com

http://id.answers.yahoo.com/question

http://www.bakawan.com

http://www.google.co.id/imghp

http://www.indoforum.org

http://search.vivanews.com

http://www.debrianmiller.com

http://formulablogger.com

http://blogjuragan.blogspot.com

http://wartawarga.gunadarma.co.id

http://www.trikaja.co.cc